You are currently viewing Logistik E-Commerce: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Logistik E-Commerce: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh berbelanja online hanya dengan mengandalkan smartphone memang menjadi pilihan masyarakat. Oleh karena itu, saat ini hampir semua transaksi perdagangan khususnya perdagangan ritel menggunakan e-commerce dalam transaksinya. Dan dalam mengelola logistiknya, perusahaan pengelola e-commerce dapat melakukannya sendiri, oleh karena itu ada yang namanya jasa logistik e-commerce.

Apa Itu E-Commerce Logistic?

E-commerce logistic merupakan sebuah kegiatan yang mendukung akuisisi material, segala proses pergudangan, serta transportasi delivery dengan menggunakan teknologi informasi. Di negara yang sudah maju, e-commerce logistic telah menjadi pendorong terbesar dalam perubahan terbesar di bidang logistik dan juga jaringan distribusi fisik selama beberapa tahun terakhir.

Di mana perusahaan jadi dapat bersaing dengan digunakannya e-commerce logistic, yang digunakan untuk menyeimbangkan antara harga barang yang tepat dengan layanan pelanggan dan juga waktu pengiriman.

Selain itu, tujuan dari adanya jasa logistik e-commerce ini adalah untuk memungkinkan pendistribusian barang ke beberapa tujuan pelanggan yang ada dengan rute pengiriman yang lebih optimal serta informasi pelacakan persediaan sehingga nantinya akan diperoleh pengiriman yang memiliki kualitas tinggi, dengan biaya yang rendah, namun tepat waktu.

Cara Kerja E-Commerce Logistic

Pada umumnya, e-commerce logistic memiliki kegiatan inti yang berupa:

  • Processing, yaitu sebuah kegiatan yang meliputi aktivitas sortir dan crossdocking dari pertukaran kiriman.
  • Transporting, yang meliputi transportasi untuk pengiriman, baik untuk transportasi dari dan juga untuk trasportasi antar processing center sebagai hub, serta dari processing center ke delivery center sebagai spoke.
  • Delivery, yang meliputi kegiatan pengantaran barang ke alamat tujuan dari pelanggan atau penerima.

Kemudian, cara kerja dari jasa logistik e-commerce adalah dengan mengelola berbagai proses logistik pada e-commerce seperti manajemen inventaris, pergudangan, pengemasan, pelabelan, penagihan, pengiriman, pengumpulan bayaran, pengembalian, dan pertukaran, di mana seluruh hal tersebut dijadikan menjadi satu.

Selain itu, dibentuknya unit logistik pada sebuah e-commerce yang juga biasa disebut dengan nama e-logistik semata-mata adalah untuk melakukan pengiriman paket pada pelanggan dengan lebih cepat, aman, dan juga akurat.

Fungsi Perusahaan E-Commerce Logistic dalam Dua Arah

Dalam sebuah perusahaan e-commerce logistic, terdapat dua arah yang menjadi fungsi mereka, yaitu yang pertama adalah forward direction (arah ke depan) yang meliputi pendistribusian dan pengiriman barang kepada para pembeli, dan reverse direction (arah terbalik) di mana pada arah ini meliputi pertukaran atau penggantian dari pengiriman barang yang terdapat adanya cacat, kerusakan, atau adanya kesalahan.

Dan kedua proses dua arah tersebut dapat menjadi lebih mudah jika perusahaan logistik ini dikelola dan dikendalikan oleh sebuah perusahaan e-commerce, sehingga dengan adanya jasa logistik e-commerce retur barang menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Leave a Reply