You are currently viewing Cara Membuat WA Chat Bot dengan Fitur Canggihnya
Ilustrasi Chatbot Whatsapp

Cara Membuat WA Chat Bot dengan Fitur Canggihnya

Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak produk canggih yang tercipta dengan keunikan serta kelebihan dan keuntungan yang tidak didapatkan sebelumnya. Salah satunya chatbot whatsapp. pasalnya dengan hadirnya chat bot dapat memudahkan dan membantu pelayanan pelanggan atau konsumen pada perusahaan atau bisnis.

Apa yang Dimaksud dengan Chat Bot Whatsapp

Secara singkatnya chat bot merupakan salah satu bentuk sistem dari program komputer dang terintegrasi dengan baik melalui algoritma yang berbasis artificialintelegence (AI). Bot ini adalah robot kecil yang berevolusi dan diciptakan untuk dapat membantu manusia.

Dengan diberikannya programming pada robot tersebut, menjadikannya memiliki fungsi yakni membantu meringankan pekerjaan manusia pada bidang pelayanan pelanggan. Atau biasa dikenal dengan nama customerservice.

Karena chatbot whatsapp bertugas untuk menyimulasikan percakapan manusia ke whatsapp, melalui pesan ketikan dan bisa juga melalui pesan suara rekaman. 

Cara kerjanya hanya dengan mengetikkan kata atau menyuarakan kata yang ingin anda cari, maka bot otomatis memproses pesan anda, kemudian bot akan memberikan informasi sesuuai yang anda sampaikan.

Tentu saja kata yang disampaikan, harus terdaftar pada keywordscript yang dibuat oleh pemilik wa.. Jika tidak sesuai dengan daftar keyword, maka informasi yang anda cari tidak akan muncul.

Dengan adanya chat bot tersebut sangat menguntungkan terutama bagi para pebisnis, karena dapat bekerja lebih praktis dan efisien.

Cara Membuat Chat Bot Whatsapp dengan Mudah

  1. Pastikan WhatsappBussines

Menjadi hal terpenting dan utama dalam pembuatan chat bot untuk wa, yakni dengan mengubah whatsapp menjadi API Bussiness. Yakni dengan mendownload aplikasi WA Bussiness, kemudian buat akun dan lengkapi profil yang ada

  1. RangcangScript

Langkah selanjutnya membuat rancangan script percakapan antara konsumen/pelanggan dengan pemilik bisnis/usaha

  1. Integrasikan dengan Chat Bot

Sebelum mengintregasikan pada chat bot, anda harus mengunduh produk chatbot yang ada. Terdapat banyak layanan chat bot yang bisa anda pilih berdasarkan dengan kualitas yang baik

  1. Lakukan Cek Ulang

Hal terakhir adalah dengan melakukan pengecekan ulang pada akun whatsappanda. Cek apakah bot berfugsi dengan baik atau tidak. Dan pastikan hingga whatsapp dapat digunakan dan tidak terjadi masalah pada bot.

Fitur Chat Bot

  1. Sistem Auto-Replay

Yakni dengan adanya balasan pesan ke pelanggan atau konsumen secara otomatis

  1. Personalisasi pesan

Pesan dihubungkan secara perorangan atau perindividu

  1. Dapat meningkatkan produk

Karena pada profil menyediakan katalog produk, sehingga dapat mempromosikan produk yang dapat diakses melalui profil wa

Demikian penjelasan mengenai wa bot chat mulai dari pengertian hingga pada fitur yang tersedia pada chatbot whatsapp. Pembuatannya pun juga cukup mudah untuk dilakukan atau dicoba.

Leave a Reply