You are currently viewing Keuntungan Penggunaan Sistem ERP Ecommerce bagi  Pelaku UMKM

Keuntungan Penggunaan Sistem ERP Ecommerce bagi Pelaku UMKM

Bagi anda para pelaku usaha yang ingin meningkatkan penjualan serta produktivitas atau mempertahankan pelanggan, kini ada sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas tersebut.  Kini sebuah sistem ERP ecommerce yang dirancang sedemikian rupa memiliki tujuan agar memanfaatkan sumber daya yang ada dengan tepat. Aplikasi atau software tersebut diharapkan mampu membantu para pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya atau sedang kesulitan dalam melakukan sebuah inovasi. 

Lalu, Apa itu ERP? 

Pengertian ERP adalah merupakan singkatan dari Enterprise  Resource Planning, yaitu sebuah perangkat software atau aplikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk merancang rencana aktivitas operasional dalam perusahaan tersebut.

Dengan menggunakan software ini, para pelaku usaha dapat melihat laporan produksi secara real time dan akurat.  Berdasarkan laporan tersebut, pelaku bisnis dapat menentukan langkah seperti apa yang akan diambil untuk memajukan sebuah perusahaan. 

Saat ini banyak para pelaku bisnis online, sehingga membuat software ERP pun ikut berkembang. Ketika memiliki bisnis e commerce, semua transaksi dilakukan secara online. Sistem ERP eccomerce memudahkan para pelaku  bisnis online saat melakukan pelaporan data, seperti stock barang, laporan laba-rugi dan lain-lain. 

Fungsi ERP yang Berintegrasi dengan E Commerce

Mulanya yang dapat menggunakan software tersebut adalah perusahaan-perusahaan besar saja. Namun, kali ini muncul sistem ERP e commerce yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha kecil menengah atau UMKM. 

Rata-rata pelaku usaha bisnis online dalam melakukan rekap data masih dilakukan secara manual dengan struktur yang sangat sederhana. Dengan menggunakan sistem ERP e commerce, kini lebih memudahkan pengguna dan data yang didapat sesuai dengan data real karena software tersebut berbasis online. 

Untuk pengusaha UMKM yang hendak menggunakan sistem tersebut, disarankan untuk memilih software ERP berbasis cloud.  

Berikut adalah beberapa fungsi ERP bagi pelaku usaha online!

  • Membuat sumber daya bekerja secara optimal.
  • Kecepatan penyampaian informasi tanpa delay , serta mampu meningkatkan sistem otomatis. Dalam hal ini untuk laporan akuntansi yang bisa diakses secara otomatis. Pengguna tidak perlu repot dengan laporan atau bahkan hitungan manual. 
  • Mendorong sumber daya dalam kreativitas. Dalam sebuah usaha online, tentunya dibutuhkan beberapa ide kreativitas agar toko online tetap diminati oleh pelanggan. Salah satu contoh adalah dengan adanya voucher gratis ongkir, potongan harga dan promo menarik lainnya. 
  • Meminimalisir kompleksitas atau kesalahan yang diakibatkan oleh human error. Laporan yang disajikan adalah real dan tidak dapat dimanipulasi, data yang disajikan real time. Sehingga dapat dijadikan acuan bagi para pelaku usaha sebagai bahan evaluasi bisnis agar usaha yang dilakukan semakin berkembang. 

Meskipun memiliki banyak fungsi, ada beberapa hal yang bisa dianggap sebagai kekurangan yaitu mengenai biaya penggunaan software. Kelemahan sistem ERP ecommerce adalah biaya perawatanya mahal, karena membutuhkan pihak ketiga untuk mengaplikasikanya. 

Leave a Reply