You are currently viewing Bagaimana Cara Menjalankan Integrasi E-commerce dengan ERP di Dunia Bisnis

Bagaimana Cara Menjalankan Integrasi E-commerce dengan ERP di Dunia Bisnis

Ecommerce merupakan teknologi yang bisa memudahkan untuk bisnis. Dengan integrasi ecommerce dan ERP ini tentu akan mengoptimalkan bisnis Anda. 

Seberapa Penting E-commerce dan ERP dalam bisnis?

Nah, berikut beberapa alasan pentingnya ecommerce dalam bisnis diantaranya : 

  • Memudahkan pelanggan untuk membeli produk 

Bisnis online yang menggunakan system online yang diterapkan oleh ecommerce akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk membeli produk. Apabila dilihat dari segi kemudahan akomodasi dan waktu maka ecommerce bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin memulai berbisnis.

  • Dapat menambah keuntungan usaha Anda 

Pentingnya ecommerce dalam bisnis adalah dapat menambah keuntungan. Hal ini dikarenakan dengan ecommerce maka peluang tepat sasaran target pasar akan semakin luas. Tentu hal ini akan memperbesar pula peluang customer untuk membeli produk Anda. Apabila peluang besar maka secara langsung pendapatan bisnis Anda juga akan semakin meningkat. 

  • Dapat digunakan sebagai media branding product 

Pelaku pembisnis tentu tidak akan lepas dengan branding produk. Karena hal ini sangat penting dalam sebuah usaha. Dengan adanya branding produk maka akan meningkatkan penjualan produk dalam usaha Anda. 

  • Dapat memantau statistik bisnis 

Tidak bisa dipungkiri sebuah usaha sangat penting untuk memantau statistic baik itu dari segi penjualan maupun kebutuhan para pelanggan. 

Adapun beberapa hal pentingnya ERP dalam bisnis diantaranya : 

  • Dapat mengontrol perencanaan dan manajemen perusahaan 

Sistem ERP ini dapat mengontrol perencanaan dan manajemen perusahaan yang mana di dalamnya meliputi pengiriman, pemesanan, pemasok, manajemen kualitas, manajemen kas, dan realisasi penjualan. Selain itu dengan adanya system ERP maka dapat mempersingkat siklus waktu penjualan ke kas dan pembayaran ke pemasok. 

  • Dapat mengakurasi data menjadi lebih baik 

Sistem ERP dapat memudahkan dalam akurasi data perusahaan. Artinya dalam setiap transaksi akan terekap secara otomatis sehingga Anda dengan mudah dan cepat menyajikan laporan dengan tepat waktu dan lebih baik. 

  • Dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan 

Integrasi ERP dan ecommerce juga memberikan efek positif dalam tingkat efisiensi dan produktivitas perusahaan. Tentu hal ini akan memperngaruhi perkembangan perusahaan itu sendiri. Oleh sebab itulah Anda perlu memperhatikan peran ERP dan ecommerce ini dalam usaha Anda. 

Cara Menjalankan Integrasi E-commerce dengan ERP di Dunia Bisnis 

Sementara, cara menjalankan integrasi E-commerce dengan ERP di dunia bisnis diantaranya :

  • Membuat web ecommerce usaha Anda 

Integrasi ecommerce bersama ERP ini untuk tahap pertama Anda perlu mempunyai web ecommerce Anda terlebih dahulu. 

  • Mengintegrasi web ecommerce dengan ERP 

Tahap kedua ini Anda perlu menyiapkan software ERP dan hardware seperti laptop atau PC. 

Nah, itulah beberapa pembahasan terkait integrase e-commerce dengan ERPdi dalam dunia bisnis termasuk bagaimana cara menjalankannya.

Leave a Reply