You are currently viewing Mengapa Ecommerce Memerlukan Visual Merchandising, Simak Alasannya!

Mengapa Ecommerce Memerlukan Visual Merchandising, Simak Alasannya!

Kita ketahui bahwa manusia lebih sering menggunakan visualnya untuk melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga bagi para pebisnis ritel atau ecommerce memanfaatkannya sebagai visual merchandising untuk menarik pengunjung dan mendorong mereka membeli produk Anda. Strategi ini sangat penting, karena belakangan ini banyak pelanggan yang berpindah ke belanja online melalui ecommerce yang sudah mempunyai nama dan pengunjung yang banyak. Berikut ini alasan mengapa ecommerce visual merchandising diperlukan dan bagaimana menerapkannya:

  1. Berikan pengunjung kesan pertama yang menarik 

Pelanggan ecommerce biasanya mencari barang di berbagai  toko yang tampil dilaman, sehingga pelanggan hanya memerlukan beberapa detik kemungkinan melihat-lihat toko Anda. Maka dari itu, berikan kesan tampilan yang menarik pembeli seperti gambar yang artistik, harga yang sesuai, dan deskripsi yang tepat dan detail. Karena itu, Anda memerlukan ecommerce visual merchandising untuk perjalanan bisnis toko online Anda bertahan lama dan sukses meniti karir. Manfaatkan waktu pelanggan yang singkat tersebut untuk menarik perhatiannya dan memberikan kesan belanja yang menyenangkan dan terus up ke toko online Anda. Dengan begitu, buatlah planning yang inovatif supaya tidak membosankan pembeli, terutama update produk dan tampilan terbaru. 

  1. Meyakinkan konsumen untuk membeli produk atau brand yang dilihatnya

Tata letak toko online Anda juga perlu ditata dengan rapi dan enak dilihat, sehingga memudahkan para pembeli saat scroll toko online Anda. Gunakan tata letak sesuai dengan kategori produk Anda untuk memudahkan pembeli dalam mencari produk yang akan dibelinya.  Letakkan produk baru Anda dengan memberikan penawaran khusus, dan produk-produk lama ataupun produk yang mempunyai ukuran kecil dengan memberikan harga murah. Pemberian potongan harga pada tampilan gambar dan gratis ongkir juga dapat membantu meyakinkan pelanggan untuk membeli barang tersebut. Penggunaan teks untuk tampilan gambar Anda juga penting, gunakan teks dengan font yang sederhana supaya mempermudah pembeli membaca terutama pada deskripsi produk. 

  1. Menerapkan pengalaman berbelanja pelanggan menjadi menyenangkan

Banyak pelanggan yang terkadang memberikan komentar yang pedas di produk yang mereka beli, entah dari kualitas produknya yang tidak sesuai dengan gambarnya, deskripsi yang salah terhadap produk yang di jual, dan juga pelayanan toko yang tidak ramah kepada pelanggan. Selain itu, proses yang lama dalam pengemasan produk juga membuat pelanggan kesal dan memberikan komentar yang buruk. Buatlah kesan yang menarik dan pengalaman berbelanja untuk pelanggan dengan suasana yang menyenangkan dan menjadi pelanggan yang setia dengan toko online Anda. Terus memperbaiki kekurangan bisnis Anda, seperti pelayanan, memilih kualitas produk yang bagus dan sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Dengan bantuan ecommerce visual merchandising, Anda bisa menjalankan bisnis toko online dengan mudah tanpa mencari pembeli. Ecommerce merupakan pasar online yang tidak perlu diragukan lagi, karena sudah terbukti keamanan dan pemasarannya. 

Leave a Reply