You are currently viewing Waktu untuk Melakukan Tes Kesuburan yang Disarankan

Waktu untuk Melakukan Tes Kesuburan yang Disarankan

Dalam melakukan tes kesuburan harus melibatkan kedua pasangan, walaupun kehamilan dialami oleh perempuan tapi dalam prosesnya dilakukan kedua pasangan. Dan waktu untuk melakukan pemeriksaan kesuburan tergantung dari usia yang bersangkutan. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak ulasan singkat dibawah ini, salah satunya alat tes kesuburan wanita di apotik.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Tes Kesuburan

Secara klinis, tes kesuburan bisa anda lakukan bila selama 1 tahun terakhir aktif berhubungan seksual secara teratur tanpa alat kontrasepsi tapi tak kunjung hamil. Namun bagi wanita yang telah berusia lebih dari 35 tahun, waktu tes kesuburan dianjurkan dalam 6 bulan setelah menjalani program hamil. Semakin lanjut usia wanita, peluang untuk bisa hamil semakin kecil. Karena cadangan sel telur semakin sedikit dan kualitas sel telur juga semakin menurun. 

Oleh sebab itu, bagi pasangan yang telah berusia di atas 35 tahun sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan kesuburan, jika ingin segera memiliki momongan. Namun bagi pasangan muda yang baru menikah, tidak perlu melakukan tes kesuburan karena secara statistik 85% bisa hamil dalam waktu satu tahun pernikahan bahkan kurang dari itu.

Langkah – Langkah Melakukan Tes Kesuburan

Jika anda dan pasangan ingin segera mendapatkan momongan dengan menjalankan program kehamilan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) atau dokter spesialis program hamil. 

Pemeriksaan awal umumnya dilakukan observasi dan wawancara seputar riwayat kesehatan, gaya hidup, hingga pola makan yang dapat mempengaruhi kesuburan. Dokter kemudian melakukan tes dasar kesuburan pria dan perempuan. 

Keduanya diperiksa secara bersamaan, tapi yang pertama diperiksa adalah sperma dari pasangan pria. Hal ini dilakukan untuk menganalisa sperma guna mengetahui jumlah dan kualitasnya, ukuran dan bentuk dari sperma, serta gerak spermanya. Sedangkan untuk pasangan perempuan akan dilakukan pemeriksaan kondisi rahim, saluran ovum, dan pemeriksaan Oogenesis atau pematangan sel telur.

Setelah tes dasar kesuburan pria dan perempuan selesai dilakukan, dan didapatkan hasilnya. Maka dokter menerangkan hasil pemeriksaan tersebut, apakah bisa dilakukan program hamil, perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut, atau rekomendasi terapi yang sesuai baik untuk pasangan pria atau wanita.

Tips Mengatasi Masalah Kesuburan

Sebenarnya alat tes kesuburan sudah tersedia secara umum seperti test pack, anda bisa mendapatkannya di apotik dengan harga yang bervariasi. Cara kerja alat ini yakni mendeteksi Luteinizing Hormone (LH), dan hasilnya dapat segera anda ketahui. Jika didapat hasil yang mengecewakan, anda tidak perlu bersedih, berikut ini tips mengatasi masalah kesuburan menurut anjuran dokter.

  1. Segera berkonsultasi ke dokter spesialis fertilitas atau Obgyn yang kredibel dan dapat dipercaya.
  2. Ikuti langkah – langkah yang dianjurkan oleh dokter spesialis, seperti pemeriksaan lebih lanjut atau terapi yang disarankan.
  3. Tanya sedetail dan sejelas mungkin pada dokter baik sebelum maupun sesudah anda melakukan pemeriksaan organ reproduksi dan kesuburan.

Leave a Reply