You are currently viewing Hindari Faktor Berikut yang Bisa Menurunkan Kesuburan Rahim

Hindari Faktor Berikut yang Bisa Menurunkan Kesuburan Rahim

Kesuburan rahim pada wanita adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan peluang kehamilan. Selain itu, ada beberapa faktor lain yaitu intensitas hubungan seksual, gaya hidup, dan kesuburan pria. Namun, tak banyak yang tahu jika ada beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan kesuburan wanita. Bahkan kebiasaan sehari-hari tersebut bisa menurunkan kesuburan wanita sehingga peluang kehamilan juga turun. Maka dari itu Anda perlu juga melakukan tes kesuburan rahim. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kecanduan rokok

Merokok adalah salah satu penyebab dari 13% kasus infertilitas. Anda harus tahu jika kebiasaan merokok dapat merusak hormon dan DNA. Bahkan merokok juga dapat mengganggu perkembangan janin dan membuat peluang kehamilan semakin menurun. Kandungan nikotin dan zat kimia di dalam rokok dapat masuk ke dalam darah dan meningkatkan risiko adanya pertumbuhan sel abnormal yang ada di dalam rahim.

Adanya kelainan bawaan

Masalah infertilitas yang terjadi pada wanita juga bisa disebabkan oleh beragam kelainan bawaan seperti septate uterus yaitu kondisi yang dapat menyebabkan risiko keguguran berulang atau bahkan sulit hamil. Kelainan tersebut muncul pada rongga rahim dimana uterus terbagi dengan jaringan ikat dan dinding otot.

Obesitas

Kelebihan berat badan atau sering disebut dengan obesitas menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan ketidaksuburan. Proses ovulasi dapat melambat jika seorang wanita mempunyai berat badan berlebih. Kondisi tersebut juga dapat terjadi jika seseorang terlalu kurus. Wanita dengan berat badan sehat berdasarkan IMT bisa meningkatkan ovulasi dan peluang kehamilan.

Usia anda

Seiring dengan bertambah tua usia maka ada perubahan yang terjadi di dalam tubuh anda. Misalnya saja infertilitas wanita juga berkaitan dengan usia. Sudah banyak ahli yang berpendapat jika kesuburan wanita bisa menurun secara drastis saat usianya mencapai 30 an akhir. Banyak studi juga menyatakan jika sekitar 90 persen wanita yang berusia 35 tahun akan mendapatkan peluang kehamilan jika selama 3 tahun melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi. Nah, anda bisa hindari beberapa hal di atas jika ingin meningkatkan kesuburan rahim dan peluang kehamilan. Jika terjadi masalah yang mengganggu anda, langsung saja konsultasikan pada dokter. 

Leave a Reply