You are currently viewing Mengenal Jenis Hormon Reproduksi Wanita Beserta Fungsinya

Mengenal Jenis Hormon Reproduksi Wanita Beserta Fungsinya

Pada tubuh seorang wanita seringkali mengalami perubahan dengan berbagai proses alami yang dilalui, baik melewati masa pubertas, menstruasi, ovulasi, sampai pada kehamilan dan menyusui. Proses tersebut terjadi dikarenakan berbagai macam jenis hormon yang terjadi dalam tubuh wanita. Berikut ini jenis hormon dan fungsi hormon reproduksi:

  1. Hormon Progesteron

Hormon ini mempengaruhi siklus menstruasi dan juga ovulasi, saat wanita sedang dalam masa subur, fungsi hormon reproduksi ini dapat membantu mempersiapkan lapisan yang ada dalam rahim atau disebut juga endometrium (menerima sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma). 

  1. Hormon Estrogen

Hormon ini diproduksi di dalam indung telur atau ovarium dan juga kelenjar adrenal dan plasenta dalam jumlah sedikit. Hormon ini berfungsi untuk membantu proses perkembangan dan perubahan yang terjadi pada tubuh pada saat pubertas, termasuk dalam perkembangan fungsi dari organ seksual, dan sekaligus memastikan proses ovulasi pada siklus menstruasi setiap bulannya.

  1. Hormon Testosteron

Hormon ini ada dalam tubuh wanita yang memang tidak sebanyak pada tubuh pria, akan tetapi hormon ini berfungsi sangat penting untuk kesehatan wanita. Termasuk dalam berperan mengatur libido ataupun gairah seksual dan menjaga kesehatan untuk vagina wanita, kesuburan, dan payudara.

  1. Hormon LH (Luteinizing Hormone)

Pada hormon ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengatur siklus masa menstruasi dan juga ovulasi. Oleh sebab itu, hormon ini berperan pada saat pubertas, dan juga diproduksi oleh kelenjar hipofisis yang ada di otak. 

  1. Hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone)

Sama dengan hormon LH, hormon ini juga diproduksi oleh kelenjar hipofisis. Hormon ini juga berperan sangat penting dalam sistem reproduksi dan membantu dalam mengendalikan siklus produksi sel telur di dalam ovarium dan pada saat menstruasi. 

  1. Hormon Oksitosin

Hormon ini diproduksi oleh kelenjar hipofisis pada otak yang umumnya akan meningkat pada saat hamil, terutama pada saat menjelang persalinan. Fungsi hormon reproduksi ini membantu meningkatkan kadar hormon dan merangsangkonstraksi dalam mempersiapkan proses saat persalinan. Setelah wanita melahirkan, hormon ini merangsang pada kelenjar payudara dalam menghasilkan ASI. 

Leave a Reply