You are currently viewing Cara merawat genset dan Alasan harus rutin Merawat

Cara merawat genset dan Alasan harus rutin Merawat

Jika anda sedang melakukan sesuatu dan tiba tiba listrik padam, bagaimana rasanya? Tentu banyak dari anda berkata jika hal itu sangat menjengkelkan dan mengecewakan. Tapi dibalik hal itu, ada beberapa orang yang masih tenang karena mempunyai genset. Jadi saat listrik padam mereka pun langsung menyalakan genset tanpa perlu heboh.

Berbicara tentang genset, bagi anda yang mempunyainya, anda harus memperhatikan cara perawatan genset yang benar. Sehingga pasokan listrik akan tetap terjaga dimanapun anda beragam.

Ada berbagai cara dalam merawat genset  berikut ulasan yang bisa anda ikuti,

Cara Merawat Genset

  1. Melakukan Pemanasan Genset

Pemanasan genset bisa anda lakukan satu kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan supaya mesinnya tetap aktif berjalan saat dimulai. Genset yang sudah anda panaskan juga akan memungkinkan mesin didalamnya akan bergerak dengan handal.

  1. Mengganti Sparepart Genset

Tentunya pergantian spare part genset sangatlah penting, apalagi jika genset sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Anda pun bisa membaca buku panduan genset agar dapat mengetahui komponen genset mana yang harus diperbaiki serta kapan saja waktu anda untuk melakukan penggantiannya.

  1. Selalu Jaga Kebersihan Genset

Suatu hal yang bersih, tentu bisa menjadi sesuatu yang sehat. Jadi anda jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan genset yang dimiliki. Anda bisa sering dalam membersihkan debu, kotoran, sampai benda lain yang mengganggu.

Anda harus tepat waktu dalam melakukan cara perawatan genset tersebut agar tidak cepat rusak. Tapi, mengapa harus sering merawat dan memperhatikan genset? Berikut beberapa alasannya,

Alasan Anda harus Selalu Merawat Genset

  1. Akan dapat Memperbaiki masalah genset secepat mungkin

Walaupun sering dikatakan sebagai benda yang kokoh, tahan lama, sampai handal, anda tetap harus melakukan pemeliharaan dengan tepat. Mengingat ada banyak genset yang tidak akan langsung tampak kerusakannya yang membuat genset tidak bisa berjalan saat terjadi pemadaman listrik.

Perawatan preventif yang rutin juga memungkinkan teknisi agar dapat mengidentifikasikan masalah dalam genset anda serta lebih cepat mengatasinya sebelum muncul hal buruk.

  1. Memastikan fungsionalitas dengan tepat

Saat melakukan perawatan genset, teknisi selalu memeriksa berbagai masalah, misalnya,

  • Tingkat cairan serta oli
  • Panel kontrol dan mesin
  • Konektor  selang, saluran, dan semacamnya
  • Sistem pembuangan

Dan tentunya dengan rutin memeriksakan semua hal diatas bisa memastikan genset anda bekerja optimal tiap saat.

Diatas adalah beberapa ulasan tentang cara perawatan genset dan alasan mengapa anda harus rutin merawatnya. Dengan anda mengikuti tips diatas dan rutin melakukannya, dijamin genset anda pun akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Leave a Reply