You are currently viewing 3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Produk Baja Ringan Jakarta

3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Produk Baja Ringan Jakarta

Penggunaan baja ringan sebagai material bahan bangunan saat ini semakin banyak diminati masyarakat. Proses pemasangan yang mudah serta kekuatan bahan menjadi beberapa alasan diantaranya. Adapun di daerah padat penduduk seperti Jakarta, material ini bisa didapat dengan mudah di berbagai toko baja ringan Jakarta

Meski demikian, layaknya sebuah produk pada umumnya, tidak semua produk baja ringan Jakarta memiliki kualitas mumpuni. Ada banyak pula terdapat produk-produk baja ringan yang kualitasnya jauh dibawah standar minimal. Hal ini tentu amat berbahaya, mengingat kekuatan bangunan menjadi taruhannya. 

Lantas, bagaimana cara untuk memilih baja ringan dengan kualitas terbaik? Dibawah ini merupakan beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih material baja ringan, diantaranya :

  1. Memiliki standar SNI

Sebuah produk baja ringan yang baik akan selalu memenuhi standar SNI. Baja jenis ini akan memiliki karakteristik tidak mudah korosi serta memiliki tingkat ketegangan tarikan yang tinggi. Semakin tinggi tingkat ketegangan tarikan baja, maka kualitasnya akan semakin baik. 

Karenanya, penting untuk selalu memperhatikan bahwa baja ringan yang digunakan berlabel SNI. Sebab, saat ini masih terdapat beberapa jasa pemasangan baja ringan Jakarta yang kerap menggunakan baja ringan tanpa kualitas SNI, atau yang lebih sering disebut baja banci. 

Jenis baja banci juga masih bisa anda temukan di pasar besi. Karenanya, selalu teliti sebelum membeli produk.  

  1. Bergaransi

Selain memenuhi standar SNI, pastikan pula bahwa baja ringan yang akan dibeli merupakan produk bergaransi. 

Sebuah merk yang berani memberi jaminan garansi bisa dipastikan memiliki kualitas mumpuni, sehingga anda tidak perlu khawatir akan mendapat produk yang cacat. Oleh karena itu, dalam memilih produk baja ringan Jakarta, pastikan agar penjualnya dapat memberi jaminan garansi di produknya. 

Akan lebih baik bila anda memilih toko yang melayani pula penggantian baja ringan sesuai dengan garansi yang tertera. Selain itu, pastikan masa berlaku garansi produk, agar anda terhindar dari kerugian. 

  1. Memiliki daya tegang tarikan yang tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, semakin besar suatu tegangan tarikan suatu baja ringan, maka kualitasnya akan semakin baik. 

Sebuah baja ringan dapat dikatakan memenuhi standar apabila memiliki daya tegang tarikan sebesar 500 MPa (Megapascals). Adapun produk baja ringan terbaik memiliki daya tegang tarikan sebesar 980 MPa.  

Namun, hal itu bukan berarti anda akan selalu membutuhkan baja ringan dengan MPa tinggi. Anda dapat memilih baja ringan sesuai dengan kebutuhan bangunan yang dibuat. Pada dasarnya, semakin berat beban yang ditopang sebuah baja ringan, maka semakin tinggi pula tegang tarikan yang diperlukan. 

Demikian tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih baja ringan Jakarta. Pastikan anda memilih produk terbaik yang sesuai dengan kriteria bangunan anda. 

Leave a Reply