You are currently viewing Kekurangan Dari Penerapan Sekolah Online

Kekurangan Dari Penerapan Sekolah Online

Di zaman serba digital seperti sekarang ini tentu membawa banyak perkembangan terlebih dalam kehidupan masyarakat tidak terkecuali dengan sekolah online, mau tidak mau masyarakat dituntut bergerak cepat dari cara manual ke pendaftaran sekolah online secara digital, seperti yang terjadi selama masa pandemi Covid-19 dimana sistem pembelajaran beralih ke sistem online.

Terbatasnya Akses Internet

Penerapan pembelajaran berbasis digital dirasa memberikan banyak kelebihan, selain mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 pengajar dan peserta didik dapat mengakses materi dengan mudah, namun sayangnya tidak semua bisa menikmati sistem pembelajaran secara online ini.

Anda yang berada di kawasan terbatas sinyal akan merasa kesulitan mengakses pendaftaran sekolah onlineserta pembelajaran secara daring tersebut, apalagi jangkauan internet di Indonesia masih belum merata, bahkan masih ada beberapa daerah yang termasuk dalam daerah tertinggal; terdepan; dan terluar, selain itu dampak sekolah online masih ada beberapa kalangan yang belum cukup mampu untuk membeli paket data internet.

Kehilangan Fokus

Melalui kemudahan yang ditawarkan dari daftar sekolah online justru membuat pengguna kehilangan fokus, memang dengan pembelajaran online pengguna bisa mengakses materi kapan saja, hal ini cenderung membuat pengguna menunda-nunda waktu belajar, jika bukan karena kesadaran diri maka sulit untuk mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

Kurang Berinteraksi

Selain beberapa hal diatas yang sering menjadi permasalahan dalam pembelajaran online yaitu berkurangnya interaksi antara pengajar dan peserta didik, meski bisa bertatap muka melalui layar smartphone atau laptop namun interaksi tidak dapat terjadi secara maksimal, interaksi cenderung akan berjalan satu arah sehingga berpengaruh pada pemahaman materi.

Kurangnya Pemahaman Materi

Tingkat pemahaman materi setiap orang sudah tentu berbeda-beda, bagi beberapa orang butuh waktu lebih untuk memahami materi saat berlangsungnya sistem pembelajaran sekolah online, tidak sedikit yang membutuhkan bantuan orang lain agar materi dapat tersampaikan dengan baik.

Meski mempunyai beberapa kekurangan namun sistem pendaftaran sekolah online sepertinya akan terus diterapkan di masa yang akan datang, mengingat era digital semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Leave a Reply