You are currently viewing Punya Alat Pembuat Kopi Di rumah? Begini Cara Membersihkan Mesin Espresso agar Tetap Awet

Punya Alat Pembuat Kopi Di rumah? Begini Cara Membersihkan Mesin Espresso agar Tetap Awet

Mesin pada umumnya memerlukan perawatan yang dilakukan secara rutin, begitu juga dengan mesin pembuat kopi. Anda perlu memastikan alat pembuat kopi tersebut tetap bersih baik dari ampas kopi, air dan juga bebas dari debu.

Mesin pembuat kopi

Mesin pembuat kopi memiliki komponen dan bagian penting yang memiliki kegunaannya masing-masing untuk menghasilkan sajian kopi yang nikmat. Komponen mesin tersebut memerlukan perawatan yang dilakukan dengan benar.

Cara membersihkan mesin Astoria espresso

Setiap bagian atau komponen dari alat pembuat kopi espresso perlu dirawat dan dibersihkan dengan baik agar mesin bisa awet dan kualitas serta cita rasa kopi yang dihasilkan tetap bagus. Beberapa bagian yang perlu dibersihkan secara rutin diantaranya adalah,

  1. Portafilter

Portafilter sebagai wadah bubuk kopi ini perlu dibersihkan setiap hari menggunakan air panas. Cara yang biasanya dilakukan adalah setelah selesai digunakan portafilter direndam menggunakan air panas selama 30 menit.

  1. Tempat Portafilter atau Group Head

Group head ini juga perlu dibersihkan setiap pagi dengan menuangkan satu sendok teh baking soda atau bisa juga menuangkan pembersih khusus ke potrafilter, kemudian pasangkan potrafilter ke group head

Selanjutnya mesin diaktifkan selama 10 detik, dan hentikan beberapa detik, lakukan langkah ini hingga empat kali. Setelah selesai portafilter dilepaskan dari group head dan cuci sampai bersih. Pasang lagi mesin dan aktifkan mesin selama 10 detik. 

Namun cara seperti ini dilakukan jika mesin pembuat kopi Anda sudah dilengkapi dengan electovalve 3 arah yang memungkinkan mesin melakukan backflushing

  1. Steam Wand

Steam Wand juga perlu dijaga kebersihannya setiap saat, jadi ketika susu di-steam dan busa susu sudah terbentuk, steam wand ini harus langsung di lap menggunakan kain lembap yang bersih. Pastikan  Anda hanya menggunakan satu kain yang memang khusus digunakan untuk membersihkan steam wand ini, jangan gunakan kain tersebut untuk membersihkan bagian mesin yang lain, karena bisa merusak lubang semburan uap.

Nah itulah cara merawat dan membersihkan komponen atau bagian dari mesin Astoria espresso agar tidak mudah rusak.

Leave a Reply