You are currently viewing ADCP Survey, Alat Ukur Arus Laut “Si Pendengar Yang Baik”

ADCP Survey, Alat Ukur Arus Laut “Si Pendengar Yang Baik”

Bagi mahasiswa kelautan atau pekerja lembaga kelautan, mungkin sudah tidak asing dengan istilah adcpsurvey. Apa itu ADCP? jika anda masih awam, anda cocok untuk membaca artikel ini. Anda akan diajak berkenalan dengan ADCP, si pendengar yang baik.

ADCP (Acoustic Doppler Current Profiler) adalah alat pada jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut maupun sejenis perairan lainnya, yang menggunakan partikel dalam air sebagai indikatornya. Disebut sebagai “pendengar yang baik” karena alat ini bekerja menggunakan frekuensi suara.

Ditemukan pada tahun 1842 oleh Johann Doppler, ADCP mentransmisi suara pada gelombang ultrasonik. Dimana frekuensi terendahnya berada di 30 kHz dan frekuensi tertingginya berada di kisaran 300 hingga 3000 kHz.

Alat ini sering digunakan untuk adcpsurvey atau survey pengukuran gelombang dan arus laut, untuk kebutuhan pemetaan atau survey kelautan. Survei ini membutuhkan sedikitnya 15 hari pemantauan atau biasa disebut 1 piantan. Berikut ini adalah prinsip kerja alat ADCP :

Prinsip Kerja Alat ADCP

prinsip kerja adcp menggunakan prinsip kerja fisika yang menghubungkan perubahan frekuensi pada sumber ke kecepatan relatif dari sumber dan pengamat. ADCP survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut ini menggunakan suara partikel dalam air untuk mengukur kecepatan arus dan gelombang.

Dengan pola tertentu, ADCP akan mentransmisikan gelombang suara serta menerima pantulan suara dari partikel yang ada di dalam air. ADCP bekerja menggunakan gerak partikel dalam air karena pergerakan partikel pasti mengikuti pergerakan air. Bisa disimpulkan bahwa kecepatan gerak partikel, sama dengan kecepatan arus air.

Sistem Kerja ADCP

cara kerja adcp memiliki dua bagian, Profiler dan sistem kendali atau kontrol. Terdapat beberapa komponen didalamprofiler seperti, tranducer, kompas, sensor suhu, dan komponen lain sebagai pengolah sinyal.

Sementara kontrol memiliki komponen seperti, komponen suplai daya, komunikasi, komputer dan perangkat lunak sebagai pengolah data dan pemantau kinerja ADCP.

Saat melakukan adcp survey, program komputer digunakan untuk memantau profiler dan melakukan perekaman serta analisis data. Data akan ditampilkan pada monitor dalam bentuk grafis yang nantinya akan membantu membuat kesimpulan tentang arus yang sedang dipantau saat itu juga (real time).

Bukan hanya pakar kelautan atau mahasiswa kelautan saja yang bisa mempelajari tentang kinerja alat ini. Masyarakat umum khususnya yang tinggal di pesisir juga dapat mempelajari alat ini melalui pelatihan yang banyak diselenggarakan lembaga kelautan.

cara kerja serta prinsip kerja adpc bisa dipelajari untuk membantu para warga yang bertempat tinggal di daerah pesisir untuk mencari cara agar dapat menanggulangi abrasi pantai. Dengan jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut atau gelombang laut yang dihadapi, masyarakat dan pemerintah setempat dapat mencari solusi terbaik untuk menangani abrasi.

Leave a Reply